Tuesday, December 25, 2018

Pskkologi Qur'ani: Karakter Berdasarkan Tanggal Lahir

Ada rumor beredar membicarakan karakter manusia berdasarkan tanggal lahir tabu? Bisa jadi memang, sebab dasar uraian karakter berdasarkan perbintangan atau zodiak.

Merujuk pada Jumhur Sahabat, bisa dipastikan terdapat hikmah dibalik susunan surah Al Qur'an. Sebab wahyu yang pertama kali turun qs. Al Alaq(96): 1-5 justru ditempatkan oada urutan ke 96, sdangkan Al Fatihah yang jauh turun setelah Al 'Alaq ditempatkan urutan pertama.
Beberapa ulama menciba menggali pesan dibalik susunannya. Swbut saja Jalaludin As Suyuthy dengan "asraaru tartiibi suwaril quraani" dan Birhanudin Al Birqa'i dengan "nadzmuddurari fi tanaasubil ay wassuwari", dan lainnya.
Dari pengamatan yang mendalamdidapatkan kesimpulan bahwa tidak hanya karakter seseorang saja, bahkan kelemahan dan kelebihan fisik dan non fisik juga. Kelemahan disini bukan berarti sakit, tapi saat kondisi fisik lemah maka bagian tersebutlah yang menjadi kelemahan kita.

karakter seseorang berdasarkan tanggal dan bulan lahir ini merujuk pada urutan surah Al Qur'an. Urutan tanggal 1 sampai 31, menurut model masehi dan hijriyah sudah barang tentu sama menghasilkan surah yang berbeda. Penjelasan watak berdasarkan surah Al Qur'an menghasilkan dua tafsiran surah menurut tanggal lahir versi masehi dan hijriyah. Midalnya kelahiran 5 Januari 1978, yang ekuivalen dengan 25 Muharram 1398 H, maka surahnya adalah Al Maidah (surah ke 5) dan Al Furqon (surah ke 25).
Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya menyiapkan Al Qur'an sekaligus terjemahnya agar mempermidah memahami maknanya. Selain mwngurai sifat berdasakan urutan surah, jumlah ayat dari surah bersangkutan juga bisa menjabarkan sifat lebih lanjut. Umpamanya kelahiran tanggal 5, surah Al Maidah, jumlah ayat 82 artinya juga membawa sifat surah ke 82, Al Infithar. Jika jumlah ayat dari surah itu lebih dari 114 total jumlah surah Al Qur'an, maka mesti dikurangi dengan 114. misal tanggal 3, surah Al Imran jumlah surah 200. pengaruh surah lain adalah 200-114=86, maka surah ke 86 adalah Ath Thariq.
Simak uraiannya:

@ Tanggal 1: Al Fatihah (pembukaan) total ayat 7
-Bukan merupakan surah pertama kali turun namun ditempatkan sebagai urutan pertama. Al Fatihah juga disebut induknya Al Qur'an, As Sab'ul matsaani (7 yang berulang) dan surah pertama yang turun secara lengkap.
-karakter:
Menyukai hal baru, berbakat menjadi seorang pemimpin dan seorang pionir, idealis. Biasanya cenderung menginginkan segala sesuatu sempurna, pandai memanfaatkan kesempatan. ada kecenderungan egois, harus selalu jadi prioritas utama, dan mengulang kesalahan sama. Orang yang belum memgenalnya akan mengira sebagai sosok angkuh dan sulit ditaklukkan.
- Kelemahan dan kelebihan fisik:
kepala, paru-paru, dan pundak.

@ Tanggal 2: Surah Al Baqoroh (sapi betina) total ayat 286
- Sebagian besar isi ayatnya berbicara tentang hukum dan peraturan. Seperti pada umumnya sapi betina, jelas akan menghasilkan susu, petani juga sering memanfaatkan tenaganya untuk membajak atau menarik kereta.
- Karakter:
Pekerja keras, taat hukum dan peraturan, memiliki jiwa sosial dan kepedulian tinggi, menyukai hal-hal beraifat rutinitas. Jika dia mampu ada kecenderungan menjadi dermawan. Biasanya kurang inisiatif, sering dimanfaatkan orang lain dan mudah percaya.
- Kelemahan dan kelebihan fisik:
Mata dan bahu.

@ Tanggal 3: surah Ali Imron ( keluarga Imron) total ayat 200
- Surah ini identik dengan laki-laki. Ali imron bukan seirang nabi tapi dengan kepatuhannya kepada Allah SWT, namanya diabadikan sebagau surah dari Al Qur'an sebagai imbalan atas kepatuhannya.
- Karakter:
Pemimpin kelompok kecil, berhati-hati dalam bertindak, mengayomi, tegas, suka suasana perdebatan dan agak cerewet. Cenderung tomboy(jika wanita) dan ingin menang sendiri, pemimpi dan berfantasi.
- Kelemahan dan kelebihan fisik:
THT dan siku.

@ Tanggal 4: An Nisa(wanita) total 176 ayat
- Surah ini merupakan gambaran wanita memiliki kedudukan penting dalam Al Qur'an.
- Karakter:
Sensitif dan perasa, feminim, protektif terhadap keluarga,kreatif, kompak mudah dipengaruhi, agak jahil, dan penggoda.
- Kelemahan dan kelebihan fisik:
Tulang dan lengan.

@ Tanggal 5: Al Maaidah (hidangan) 120 ayat
- Karakter:
Sosok ini diperlukan banyak orang, memyukai perubahan, memiliki insting lumayan, cepat bosan, ingin dilayani, susah diatur.
- Kelemahan dan kwlebihan fisik:
Tangan, lengan kanan dan jari tangan kanan.

@ Tanggal 6: Al An'am (binatang ternak) 165 ayat
- Karakter:
 Ada kemiripan sifat dengan tanggal 2, punya insting tajam, kurang mandiri, terkadang seenak sendiri, emosional, pemalu dan kurang percaya diri, cepat berubah fikiran.
- Kelemahan dan kelebihan fisik:
Syaraf, persendian, tulang panggul kanan, kantung kemih.

No comments:

Post a Comment